Bina Desa Maregam

Mare Gam adalah salah satu desa di Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Pulau Mare cukup terkenal dengan kerajinan gerabah. Masyarakat Desa Maregam memiliki tradisi turun-temurun dalam pembuatan kerajinan gerabah sebagai sumber penghidupan dan mata pencaharian yang dapat diandalkan. Pembuatan gerabah menjadi salah satu fokus mata pencaharian pokok penduduk di Desa Maregam.

Kesibukkan masyarakat Desa Maregam dalam pembuatan gerabah menjadikan tidak ada masyarakat yang menekuni bidang pertanian. Sehingga seluruh bahan makanan termasuk sayur-sayuran di suplai dari Kota Tidore. Kesulitan ketersediaan bahan makanan , khususnya sayuran menyebabkan harganya menjadi cukup mahal.

Keprihatinan kami dengan keadaan yang terjadi di Desa Mare Gam, mengundang moril kami untuk datang dan turut membantu. Dengan di nahkodai oleh BEM FAKULTAS PERTANIAN beserta delegasi dari seluruh Himpunan Mahasiswa Program Studi yang ada di Fakultas Pertanian kami ingin membina Desa Maregam untuk memanfaatkan pertanian lahan sempit, khususnya hidroponik.

Ini bertujuan untuk agar masyarakat Desa Maregam tidak kesulitan lagi untuk memenuhi kebutuhan makanan, khususnya sayur-sayuran. Kami memilih hidroponik karena selain budidayanya yang tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu. Sejak tanggal 26 Januari 2018 sampai dengan 3 Februari 2018. Dengan jumlah peserta delegasi masing-masing HIMAPRO berjumlah lima orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.